Skip to main content

blog 1 advertising meida


Pertanyaan :
Bila ingin beriklan dengan target ibu/bapak anda sendiri, media apa saja yang dapat Anda gunakan?
Perbedaan pilihan media apa yang terjadi diantara produk mahal dan murah ? Beri contoh kasus

Jawaban untuk pertanyaan pertama :
Sesuai dengan yang saya amati, berdasarkan pengamatan sesuai dengan traditional BTL  ibu saya tidak terlalu sering menggunakan media social seperti youtube dan whatsapp, bahkan ia tidak memiliki instagram, twitter, maupun facebook, disamping itu ibu saya suka pergi berbelanja di pasar, swalayan, dan juga di mall. Menurut pengamatan berdasarkan traditional BTL ibu saya terkadang menggunakan televisi dan radio.
Kedua pengamatan ini saya ambil sesuai dengan kebiasaan sehari hari ibu saya, ia tidak terlalu kenal dengan teknologi karna ia lahir pada tahun 196an dan tidak terlalu memiliki keinginan untuk tahu hal hal seputar teknologi.
Berdasarkan pengamatan tersebut saya akan menggunakan media pada traditional BTL terlebih khusus pada media OOH seperti billboard, poster atau rambu2 yang lainnya dan co-op advertising seperti katalog swalayan atau toko dan ilklan iklan yang ada di toko tersebut dan juga public relations seperti iklan iklan yang beredar di whatsapp, dan juga saya akan menggunakan broadcasting (Televisi dan Radio) pada traditional ATL.

Jawaban untuk pertanyaan kedua:          
               Produk mahal dan murah pasti memiliki banyak perbedaan, mulai dari kualitas porsi ukuran dan yang lain sebagainya, dan berdasarkan advertising mereka juga pasti memiliki media iklan yang berbeda bed, hal itu dikarenakan mereka menyesuaikan target pasar mereka.
               Contoh kasus dalam hal ini adalah perbandingan antara kentucky fried chicken (KFC) dan rocky roaster mereka memiliki harga yang jauh berbeda dikarenakan kentucky fried chicken sudah berdiri sejak 24 September 1952 di Amerika dan memiliki cabang di seluruh indonesia bahkan hamper di seluruh dunia, target pasar mereka adalah semua orang dari kalangan menengah sampai menengah keatas, sedangkan rocky roaster telah berdiri sejak 2012 dan target pasar mereka adalah orang orang kalanagan menengah sampai menengah kebawah,
Dari sisi periklanan media yang digunakan oleh kentucky fried chicken sanyat banyak dan memiliki bobot kfc menggunakan berbagai media tradisional ATL dan tradisional BTL seperti iklan di TV, Majalah, Koran, Billboard, media social, dan yang lain sebagainya dikarenakan kentucky fried chicken memiliki omset yang besar, sedangkan rocky roaster hanya sebatas menggunakan media social, flyer dan poster yang seadanya yang tidak menggunakan budget yang tinggi dikarenakan omset yang belum cukup besar




zaydan
2201751474
LB34

Comments

Popular posts from this blog

iklan yang melanggar EPI - tm3 advertising media

saya akan membahas iklan permen jagoan neon yang melanggar etika periklanan pasal 3.1.2 yaitu Iklan tidak boleh memperlihatkan anak dalam adegan- adegan yang berbahaya, menyesatkan, atau tidak pantas dilakukan oleh anak.  pada iklan ini diperlihatkan bahwa ada 4 anak yang sedang bersepeda di tebing yang berbahaya tanpa bimbingan orang dewasa,  selain tebingnya yang tinggi dan curam ada adegan yang memperlihatkan mereka sedang melewati jembatan tanpa pengaman dan mereka melewati itu dengan loncat, bahkan ada salah satu dari mereka yang kaki nya kebelakang, yang mana adegan tersebut dapat ditiru oleh anak anak yang menontonnya, dan dapat membahayakan mereka di kehidupan nyata, karna anak anak mudah terperdaya dengan apa yang mereka lihat di tv, sehingga semakin besar resiko sang anak meniru apa yang dia lihat di tv sumber :  https://www.youtube.com/watch?v=cUAEQmuPwWw https://p3i-pusat.com/etika-pariwara-indonesia-epi/